Monday, November 16, 2015

Pengertian bank

Bank adalah suatu perantara finansial yang menciptakan kredit dengan meminjamkan uang kepada para peminjam, yang juga menciptakan deposit yang sama pada neraca keuangan bank. Aktivitas peminjaman dapat ditampilkan secara langsung atau tidak langsung melalui pasar finansial. Oleh karena pentingnya peranan mereka dalam sistem finansial dan pengaruh dalam perkonomian nasional, bank memiliki regulasi yang sangat ketat dalam kebanyakan negara. Kebanyakan negara telah menginstitusionalisasi sebuah sistem yang dikenal sebagai reserve fraksional perbankan di bawah yang mana bank-bank menahan aset likuid sejumlah yang sama dengan sebagian dari kewajiban terkini mereka. Sebagai tambahan kepada regulasi lainnya yang dimaksudkan untuk memastikan likuiditas, bank-bank pada umumnya berkewajiban untuk memiliki modal minimal yang diharuskan berdasarkan standar modal yang ditetapkan secara internasional, yang dikenal dengan Basel Accords.

Perbankan dalam bentuknya yang modern mulai muncul di abad ke-14 di kota-kota kaya Renaissance Italy, tapi dalam banyak bentuknya adalah sebuah kelanjutan dari ide dan konsep dari kredit dan pinjaman yang memiliki akarnya di dunia kuno. Dalam sejarah perbankan, sejumlah dinasti perbankan – yang terkenal, Medici, Fugger, Welser, Berenberg, dan Rothschilds – telah memainkan peran yang sangat sentral dalam berabad-abad. Eksistensi bank retail tertua adalah Monte dei Paschi di Siena, sementara eksistensi bank perdagangan tertua adalah Berenberg Bank.

Dengan adanya bank, peradaban manusia jadi lebih dimudahkan dalam melakukan berbagai macam aktivitasnya, baik itu aktivitas lokal, nasional, maupun internasional. Sekarang ini, tidaklah sulit untuk mengadakan perdagangan dengan siapapun orang di seluruh dunia. Bank akan menjadi perantara bagi proses pembayaran perdagangan tersebut.

No comments:

Post a Comment