Wednesday, November 18, 2015

Pengertian siklus bisnis

Siklus bisnis atau siklus ekonomi adalah pergerakan menurun atau menaik dari produk domestik bruto (PDB) pada tren pertumbuhan jangka panjangnya. Fluktuasi ini secara tipikal melibatkan pergeseran selama waktu diantara periode pertumbuhan ekonomi yang pesat secara relatif (ekspansi atau booming), dan periode dari stagnasi atau penurunan relatif (kontraksi atau resesi).

Digunakan dalam arti yang tidak terbatas, siklus bisnis adalah suatu periode waktu yang mengandung sebuah boom dan kontraksi dalam suatu urutan. Siklus bisnis biasanya diukur dengan mempertimbangkan tingkat pertumbuhan dari produk domestik bruto yang riil. Walaupun diistilahkan sebagai siklus, fluktuasi ini dalam aktivitas ekonomi dapat terbukti tidak bisa diprediksi. Siklus boom dan bust adalah suatu kondisi dimana tingkat ekspansi adalah pesat dan kontraksinya adalah curam dan tajam.

Siklus bisnis adalah bukan sekedar fluktuasi dalam aktivitas ekonomi agregat. Fitur kritikal yang memisahkan mereka dari kegoncangan komersial dari abad-abad awal atau dari variasi musiman dan variasi jangka pendek lainnya dari jaman sekarang ini adalah bahwa fluktuasi-fluktuasi secara luas tersebar dalam perekonomian – industrinya, transaksi komersialnya, dan keuangannya. Perekonomian dari dunia barat adalah suatu sistem yang bagian-bagiannya terhubung secara erat. Dia yang ingin memahami siklus bisnis harus menguasai kerja dari sistem ekonomi yang terorganisasi secara luas dalam suatu jaringan perdagangan bebas yang bertujuan mencari profit. Masalah dari bagaimana siklus bisnis muncul adalah tidak terpisahkan dari masalah dari bagaimana ekonomi kapitalis berfungsi. Siklus bisnis dan ekonomi kapitalis mempunyai hubungan yang sangat erat.

No comments:

Post a Comment