Tuesday, November 17, 2015

Pengertian ilmu ekonomi pertanian

Ilmu ekonomi pertanian adalah bidang terapan dari ilmu ekonomi yang berhubungan dengan aplikasi dari teori ilmu ekonomi dalam mengoptimasi produksi dan distribusi dari makanan dan produk pertanian lainnya. Ilmu ekonomi pertanian adalah suatu cabang dari ilmu ekonomi yang secara spesifik berhubungan dengan penggunaan lahan. Ia berfokus kepada memaksimalkan tanah pertanian sementara tetap menjaga ekosistem tanah tetap baik. Selama abad ke-20 disiplin ilmu tersebut meluas dan cakupan terkini dari disiplin ilmu tersebut adalah lebih luas lagi. Ilmu ekonomi pertanian sekarang ini termasuk berbagai area terapan, banyak bersinggungan dengan ilmu ekonomi konvensional. Ekonom pertanian telah membuat kontribusi substansial kepada riset dalam ilmu ekonomi, ekonometrik, ilmu ekonomi pembangunan, dan ilmu ekonomi lingkungan. Ilmu ekonomi pertanian mempengaruhi kebijakan pangan, kebijakan pertanian, dan kebijakan lingkungan.

Ilmu ekonomi telah didefinisi sebagai suatu studi tentang alokasi sumber daya di bawah tekanan kelangkaan. Ilmu ekonomi pertanian, atau aplikasi dari metode ekonomi untuk mengoptimasi keputusan yang diambil oleh produsen pertanian, telah tumbuh menonjol sekitar abad ke-20. Bidang dari ilmu ekonomi pertanian dapat ditelusuri untuk bekerja pada ilmu ekonomi lahan. Henry Charles Taylor adalah kontributor terbesar dengan pendirian Department of Agricultural Economics di Wisconsin pada tahun 1909.

Kontributor lainnya, pemenang hadiah Nobel ekonomi pada 1979, Theodore Schultz, adalah orang pertama yang menyelidiki ilmu ekonomi pembangunan sebagai masalah yang berhubungan secara langsung kepada pertanian. Theodore Schultz juga berperan penting dalam menetapkan ekonometri sebagai sebuah alat untuk digunakan dalam menganalisa ilmu ekonomi pertanian secara empiris.

No comments:

Post a Comment