Tuesday, November 17, 2015

Pengertian Permintaan Agregat

Dalam ekonomi makro, permintaan agregat atau permintaan final domestik adalah total permintaan untuk barang dan jasa dalam suatu perekonomian dalam waktu tertentu. Ia menspesifikasi jumlah dari barang dan jasa yang akan dibeli pada semua tingkat harga yang dimungkinkan. Ini adalah permintaan untuk produk domestik bruto dari suatu negara. Ia seringkali disebut permintaan efektif, meskipun pada kesempatan lainnya istilah ini dipisahkan.

Kurva permintaan agregat adalah dipetakan dengan output riil pada sumbu horizontal dan tingkat harga pada sumbu vertikal. Ia menurun mirin sebagai hasil dari tiga efek terpisah: efek kemakmuran Pigou, efek suku bunga Keynes, dan efek nilai tukar Mundell-Fleming. Efek Pigou menyatakan bahwa tingkat harga yang lebih tinggi mengandung arti kemakmuran riil yang lebih rendah dan oleh karenanya pengeluaran konsumsi yang lebih rendah, disebabkan oleh rendahnya kuantitas barang yang diminta secara agregat. Efek Keynes menyebutkan bahwa tingkat harga yang lebih tinggi mengandung arti penawaran uang riil yang lebih rendah dan sehingga tingkat suku bunga yang lebih tinggi hasil dari keseimbangan pasar finansial, pada gilirannya menghasilkan pengeluaran investasi yang lebih rendah pada modal fisik yang baru dan oleh karena itu kuantitas barang yang lebih rendah yang diminta secara agregat.

Kurva permintaan agregat mengilustrasikan hubungan antara dua faktor – kuantitas output yang diminta dan tingkat harga agregat. Permintaan agregat adalah ekspresi tidak terduga dari tingkat tetap dari penawaran uang nominal. Ada banyak faktor yang bisa menggeser kurva permintaan agregat. Pergeseran ke arah kanan adalah hasil dari peningkatan dalam penawaran uang, dalam pengeluaran pemerintah, atau dalam komponen otonomi dari investasi atau pengeluaran konsumsi, atau dari penurunan dalam pajak.

Berdasarkan model permintaan agregat – penawaran agregat, saat permintaan agregat meningkat, ada pergerakan naik dari kurva penawaran agregat, oleh karena tingkat harga yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment