Tuesday, November 17, 2015

Pengertian produk domestik bruto dan produk nasional bruto

Produk domestik bruto (PDB) adalah suatu nilai moneter dari semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam suatu negara dalam periode waktu spesifik. Meskipun PDB biasanya dikalkulasi pada jangka tahunan, ia dapat dikalkulasi pada basis kuarter juga. PDB termasuk semua konsumsi pribadi dan publik, pengeluaran pemerintah, investasi dan ekspor dikurangi impor yang muncul dalam suatu area tertentu. Sederhananya, PDB adalah pengukuran secara luas dari kegiatan ekonomi negara secara keseluruhan.

Produk nasional bruto (PNB) adalah salah satu dari pengukuran yang digunakan oleh ekonom untuk mengukur tingkat output dari ekonomi suatu negara. PNB sama dengan nilai pasar dari semua barang dan jasa yang diproduksi oleh penduduk suatu negara, apakah barang tersebut diproduksi di dalam negara atau di manapun itu.

Meskipun tampaknya sama, produk nasional bruto adalah tidak sama seperti produk domestik bruto yang lebih sering digunakan. Perbedaan diantara keduanya adalah bahwa produk domestik bruto adalah jumlah total dari output ekonomi di dalam batasan negara tanpa pembedaan antara kepemilikan asing atau domestik, sementara produk nasional bruto hanya melihat kepada status kependudukan dan mengabaikan faktor lokasi dimana barang diproduksi. Oleh karena hal ini, PDB dan PNB cenderung mempunyai nilai yang berdekatan, tapi tidak tepat sama. Di dalam suatu negara dengan banyak investor luar negeri, PDB dapat bernilai sedikit lebih tinggi daripada PNB.

Itulah sekilas tentang PDB dan PNB. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca semua.

No comments:

Post a Comment