Tuesday, November 17, 2015

Pengertian pendapatan per kapita

Pendapatan per kapita adalah suatu pengukuran dari jumlah uang yang dihasilkan oleh setiap orang dalam area tertentu. Pendapatan per kapita dapat diaplikasikan kepada pendapatan rata-rata setiap orang dalam suatu kota, daerah atau negara dan digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi kondisi hidup dan kualitas kehidupan dalam area yang berbeda. Ia dapat dikalkulasikan untuk suatu negara dengan cara membagi pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah populasinya.

Pendapatan per kapita pada dasarnya adalah jumlah uang dari setiap orang dalam area spesifik. Lebih spesifik lagi, berdasarkan biro sensus Amerika Serikat (United States Census Bureau), ia adalah uang yang diperoleh oleh setiap pria, wanita, dan anak-anak dalam 12 bulan terakhir untuk area geografis yang spesifik. Seringnya, pendapatan per kapita dikalkulasi untuk kota-kota dan bahkan negara-negara sehingga kita dapat melihat seperti apa rasanya jika kita hidup di area tersebut. Ia membantu kita dalam mengenali isu-isu mengenai kualitas hidup dan kondisi kehidupan yang dapat kita harapkan untuk area tertentu.

Pendapatan per kapita seringkali digunakan untuk mengukur pendapatan rata-rata dari suatu area. Ini digunakan untuk membandingkan kemakmuran dari satu populasi ke populasi lainnya. Pendapatan per kapita seringkali digunakan untuk mengukur standar kehidupan suatu negara. Ia biasanya ditampilkan dalam hitungan mata uang internasional yang sering digunakan, seperti misalnya Euro atau dolar Amerika Serikat, dan ia berguna karena ia dikenal luas, mudah diperhitungkan dari PDB dan estimasi jumlah populasi yang telah tersedia, dan menghasilkan statistik yang berguna untuk pembandingan kemakmuran diantara teritori yang berbeda. Ini membantu untuk memastikan status pembangunan dari suatu negara.

No comments:

Post a Comment